ON-MIPA PT 2014 UTM

Assalamualaikum Wr Wb

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti ON-MIPA PT 2014 yang di selenggarakan oleh Dikti. Sebelumnya perkenalkan, nama saya Indra Prayogo yang sedang menempuh jurusan Teknik Elektro di salah satu univeristas di Madura yaitu Universitas Trunojoyo Madura.
Pada seleksi tingkat universitas saya memilih bidang fisika yang merupakan pelajaran yang sangat sukai semenjak masih duduk MAN. Saat proses seleksi (fisika) kami di suguhkan 7 soal essay yang harus di jawab selama 2 jam dimana soal yang di suguhkan meliputi semua materi yang ada di sekolah dan perguruan tinggi, mulai dari yang klasik sampai modern. Dari ke-7 soal tersebut saya menjawab pasti 4 soal dan sisanya ragu namun tetap saya jawab karena soal yang di jawab meskipun salah masih mempunya poin, meskipun sangat kecil.
Singkat cerita akhirnya pengumuman di posting di web universitas dan alhamdulillah bisa lolos dengan peringkat pertama serta rekan saya dari jurusan yang sama juga lolos di peringkat kedua dan ketiga. Setelah mengetahui hasilnya saya dan teman-teman saya mulai di godok untuk tahap selanjutnya yaitu tingkat provinsi. Kami mendapat pembinaan selama 2 minggu full dengan durasi 2-3 jam per hari. Materi yang di ajarkan mulai dari yang sangat dasar sampai yang sangat rumit, bahkan harus belajar kalkulus II terlebih dahulu. 
Akhirnya waktu berangkatpun tiba. ON-MIPA PT 2014 tingkat provinsi di selenggarakan di Batu Malang, lebih tepatnya Hotel Jambuluwuk. Dari seluruh universitas di Jawa Timur akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Dari tiap bidang (Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika) mengirimkan 7 perwakilan tiap universitas.
Singkat cerita seleksi tingkat provinsi di mulai. Soal yang di berikan di tingkat provinsi ini mempunyai 4 tipe soal, yaitu:
  1. Mekanika Klasik
  2. Elektrodinamika
  3. Fisika Modern dan Mekanika Kuantum
  4. Termodinamika
Dalam satu hari di berikan 2 tipe soal dengan waktu 3 jam per tipe soal dalam bentuk essay, jadi dalam seleksi tesebut di selenggarakan dalam waktu 2 hari. Dari ke-4 tipe soal tesebut saya hanya bisa mengerjakan mekanika klasik dan elektrodinamika dan untuk ke-2 tipe soal sisanya saya jawab dengan semampu saya meskipun tidak yakin dengan jawaban saya sendiri
Dan pada akhir pengumuman di keluarkan dari Dikti, dari UTM tidak ada yang lolos sama sekali termasuk saya,. Namun dari perjalanan saya mengikuti ON-MIPA PT 2014 saya dan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga yang sangat akan berguna pada ON-MIPA PT selanjutnya. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi pembaca.

Waasalamualaikum Wr Wb. 

Posting Komentar